Sabtu, 24 Mei 2014

I MANYAMBUNGI TODZILALING


I Manyambungi diperkirakan lahir pada abad XV Masehi di Lemo,Desa Pendulangan yang sekarang tergabung dalam kecamatan Limboro, Polman. Ia adalah putra dari Tomakaka di Napo,Puang Digandang dengan Weapas, Putri dari I Taurra-urra. I Taurra-Urra sendiri adalah anak dari Tobittoeng, anak dari Topalliq,Tomakakaq di Lemo. Awal kedatangan I Mayambungi di Gowa yaitu pada masa pemerintahan Karaeng Batara Gowa sebagai Raja VII,dilatar belakangi oleh hubungan perdagangan antara kerajaan Gowa dengan Tomakakaq Napo yang terjalin dengan baik. I Manyambungi menginjakkan kakinya di Gowa pada usia yang masih kanak-kanak. Alasan kedatangan I Manyambungi di Butta Gowa,diperkirakan sebagai upaya pengaasingan dirinya atas hukuman yang dijatuhkan Tomakakaq Appeq Banua Kayyang (Napo, Samasundu, Mosso, Todang-Todang) setelah membunuh saudara sepupunya sendiri.

Di Gowa, I Manyambungi sebagai panglima perang Kerajaan Gowa, tersohor sampai ke Mandar setelah berhasil memimpin pasukan Kerajaan Gowa menaklukkan Kaerajaan Lahe, dan bahkan kerajaan Pariaman (Sumatera) yang termasuk kerajaan terkuat pada masa itu. Gong dari Lahe (Ta’bilohe) dan keris Pattarapang dari Pariaman menjadi medali kemenangan yang diberikan oleh Daeng Matenre pada I Mayambungi.

Pada masa yang sama di Mandar terjadi perseturuan antara Apppe Banua Kaiyyang dengan Passokkorang (Biring Lembang,Renggeang,Manu’Manukan,Salarri). Para Tomakaka dari Appe Banua kaiyyang sepakat mengutus Pappuangan di Mosso menjemput I Manayambungi di Gowa. Nama besar I Manyambungi diharapkan dapat membantu Appeq Banua Kaiyyang menaklukkan Passokorang. Akhirnya I Manyambungi bersama keluarganya meninggalkan Gowa menuju Napo. Setelah peperangan dengan Passokkorang yang dimenangi oleh Appeq banua Kayyang dibawah komando I Manynyambungi, maka disatukanlah appeq banua kayyang tersebut menjadi sebuah kerajaan dengan dengan nama Balanipa dan I Manynyambungi kemudian diangkat menjadi maraqdia pertama. Pada masa –masa kemudian, ketika terjadi perang saudara antara Gowa melawan Bone dalam Perang Makassar dimana Bone bersekutu dengan VOC sedangkan Gowa bersekutu dengan beberapa kerajaan Bugis, Ternate dan Buton, maka kerajaan Balanipa pun mengambil posisi dipihak kerajaan Gowa. Dari kisah ini kemudian kadang melahirkan letupan kecil dibeberapa indvidu untuk antipati terhadap suku yang lain yang terlibat dalam perang ini lebih-lebih ketika pemerintah mengangkat salah satunya sebagai pahlawan sedangkan yang lain dicap sebagai pengkhianat. Padahal kalau merunut sejarah, maka terjadinya perang dahsyat yang hampir menggagalkan pendudukan VOC dijazirah sulawesi ini bukan semata-mata pertimbangan politik namun juga mengandung nilai siri’ dari seorng yang dianggap “pengkhianat” tersebut. Apalagi Raja Bone saat itu (La Tenri Tatta To Erung Petta Malampe’e Gemme’na) adalah saudara sepupu dari Raja Gowa saat itu (I Mallombassi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar