Minggu, 01 Mei 2016

JENJANG PENGAJIAN DI MANDAR



JENJANG PENGAJIAN DI MANDAR
Pengajian Tingkat Dasar
-          Maq-alepuq, yaitu pengajian yang diikuti oleh anak-anak usia 5-7 tahun. Materinya adalah pengenalan huruf hijaiyah, penghafalan model huruf dengan methode mangeq-ja.
-          Manjuz-Amma, yaitu pengajian yang diikuti oleh anak-anak usia 7-9 tahun. Materinya sudah mulai membaca Juz amma (mazhab Kufah) dimulai dari Alfatihah sampai ke Al-Alaq atau Iqra' dengan cara mandarras.
-          Makkoro'ang Kaiyyang, yaitu pengajian yang dikuti oleh anak-anak berusia 9-12 tahun. Materinya sudah mulai membaca ayat-ayat mazhab Utsmani, dimulai dari Al Baqarah sampai selesai. Pada tahapan ini, guru tinggal menegur jika ada bacaan yang salah.
Pengajian Tingkat Menengah
Pengajian ini diikuti oleh anak yang berusia 12-20 tahun dan dinyatakan telah melalui tahapan tingkat dasar. Materi yang dipelajari adalah:
-          Massaraq Baca yaitu pembacaan ulang ayat-ayat Al Qur'an fokus pada ilmu tajwid
-          Mambaca Kittaq Barazanji, yaitu pelajaran khusus membaca kitab barzanji dengan lagunya.
-          Massapina atau membaca Kitab Safinatun Najah dengan methode tanya jawab.
-          Massarapaq yaitu pelajaran khusus tentang nahwu dan tashrif, mengenal bentuk kata seperti kata kerja dasar. Yang meliputi Tsulasi Mujarrad, Mazid dan Ruba'I. Begitupula pembagiannya seperti fi'il (madhi, mudhari dan amar), isim (masdhar, fa'il, maf'ul, makan, alat, dan zaman). Methode membaca kitab sarapaq dengan menimbang dan menghafal kata.
Pengajian Tingkat Atas
Pengajian diikuti kelompok usia 20-25 tahun yang meliputi pelajaran:
-          Mannahwu adalah pelajaran nahwu sharaf yang materinya adalah membaca kitab jurumiyyah, Mutammimah dengan methode menguraikan kata dengan ditunjang oleh hafalan.
-          Mappakihi adalah jenjang khusus untuk belajar ilmu fiqhi dan ushul fiqhi dengan kitab Fathul Wahab (Abi Yahya Zakariyah), Kitab Fathul Qarib, kitab Fathul Mu'in (Zainuddin Muhammad Ibnu Qadim) dan Ushul Fiqh yang ditulis oleh Al Qudhrawi.
-          Matapsere adalah istilah pengajian kitab tafsir dan kitab hadits dengan menggunakan kitab Tafsir Jalalain (Jalaluddin Al Mahali dan Jalaluddin As-Suyuti), Tafsir Al Maraghi (Mustafa Al Maraghi), Tantawil Jauhari (Al Jauhari), Bulughul Maram (Ibnu Hajar Asy Qalani) dan Kitab Riyadush-Shalihin (Zakariyah An-Nawawi).
-          Mambalaga yanf mempelajari kitab Balagha Al Wadhiha)
-          Mattassopu atau pengajian tasawuf meliputi akhlak, ilmu kalam dan sastra dengan menggunakan kitab Maraghi al Ubudiyah, Tanbih Al Ghafilin, Jawahir dan Ihya' Ulumuddin.
Pengajian Tingkat Tinggi
Pengajian tingkat tinggi ini diikuti usia 25 tahun keatas dengan kitab rujukan yang dianggap lebih bermutu seperti Tuhful Muhtaj dan Nihayatul Muhtaj, Kitab Arodhi, Jam'ul Jawami', Jawahirul Maknun, Syarah Ihya' Ulumuddin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar