Kamis, 26 Januari 2017

Puisi : Syair Perang Balanipa

Oleh Adi Arwan Alimin

Maut mengapung dari Selatan
pada mula, ketika sena memanggul bedil, bertandang mengusung dendam jenggala, di mana para bangsawan linglung sendiri, inikah senjakala. Itu rasa tamak kuasa yang memendar dari ubun-ubun. Selaksa joaq jannangan menanam betis.

Siapa berani menantang dadanya, pada hunus segala serdadu, yang membakar Soreang, hingga Arajang melayang titah, siapa berani, akan menuai, siapa sanggup majulah, siapa pantas maka, datanglah lelaki itu di bawah cemooh, para pemangku tertawa meski tangan mereka diketiak, lelaki itu terus saja, tak peduli sebab cintanya.

Ia membakar rasa malu, tak sanggup berkalang kekalahan, inikah kecamuk paling akbar di tanah ini, apakah akan menyudahi garis nasab, inikah akhir masa lalu, lelaki itu tak pernah mundur setapak, ia terus saja menjejak lututnya. Sebab mair, akan menghapus seluruh jejak moyang. Dari jauh senja menganvaskan titimangsa.

Tarrauwe kerap kuyup berdarah. Diterpa serbu seribu bendera, dari laut, dari tapak, dari tebing, dari ambisi, dari khianat, dari lolong tangis, dari cemas, dari dendam, dari mati, dari apapun. Lelaki itu tetap mengapung di pucuk-pucuk senjata, ia menerima wasiat dari Lapuang. Genta yang membuatnya tiada terjamah.

Ketika senjakala berganti, sambolangiq itu menampuk kuasa, sepotong kadar memantik cemburu, tangannya getar, tetumbuhan kembali hijau, namun syair merayunya galau, kalindaqdaq membuatnya limbung, kekerabatan pesai diamuk kasmaran, tetapi ini bukan cinta. I Pura Paraqbueq menampik mahkota.

Ini bukan wasiat, hanya kabar purba. Bagimu mengeja laku yang sudah, agar tak ajal setiap hitungan. Dalam getir Daeng Rioso, I Sorai menagihmu pedih. Melampau syair perang...

Mamuju, 27 Januari 2017



Minggu, 22 Januari 2017

VIDEO : Orasi Kebudayaan Drs. Darmansyah

Apresiasi Siswa Siswi SMA Neg.1 Tappalang buat RUMPITA

Video: KACAPING MANDAR ALA BAMBA TIPALAYO





Kacaping atau pakkacaping adalah salah satu pertunjukan kesenian tradisional Mandar yang kerap ditampilkan pada acara perkawinan, khitanan dan acara adat atau oleh seseorang yang mempunyai nadzar atau tinja. Kesenian yang satu ini sejak era 2000-an telah mengalami kelangkaan pertunjukan karena tergerus oleh pengaruh budaya modern dan kurangnya perhatian generasi muda dalam mendalami dan meneruskan kesenian ini. Bisa jadi juga karena tingkat kesulitannya terlalu tinggi bagi seorang seniman untuk memainkan jenis kesenian ini.
Dalam setiap acara, pakkacaping dibarengi dengan menampilkan pioro yang terdiri dari kumpulan gadis-gadis cantik yang duduk di depan (jarak 3-4 meter) dari pakkacaping. Pakkacaping memainkan alat musik ini, dan mattedze (lagu yang dilantunkan secara spontan oleh pakkacaping yang banyak memuat sanjungan kepada gadis-gadis cantik di hadapannya). Lagu yang dinyanyikan dengan gaya khas tuturan ini juga menyindir penonton (para pemuda, tokoh masyarakat, tokoh adat atau pejabat pemerintah) untuk mappamacco (saweran dengan uang tunai, kadang berupa barang dan diletakkan di hadapan pioro.
Gadis gadis pioro tersebut menjadi sumber inspirasi bagi pakkacaping dalam melantunkan lagu-lagunya yang menggoda dan menyindir penonton/tokoh yang hadir. Para penonton yang kena sindiran (di tedze) akan berlomba mendatangi gadis untuk mappamacco. Untuk pamacco, selain untuk gadis-gadis pioro, para penonton juga tidak lupa meletakkan uang ditempat yang sudah disiapkan oleh tuan rumah/panitia (biasanya baki besar).
Para pamacco akan bersaing untuk membuat pioro yang didukung, sehingga pada saman dahulu, kadang terjadi persaingan ketat antar pappamacco dan tidak jarang ada keributan mana kala ada yang saling mengejek karena gadis dukungannya kurang sawerannya. Hasil saweran didepan gadis pioro menjadi hak pioro, dan yang di baki besar menjadi hak penyelenggara atau tuan rumah.
Para pakkacaping selain mattedze gadis pioro, kadang juga membuat satu segmen lagu untuk mattolo. Materi tolodiambil dari cerita rakyat, cerita jenaka, cerita para pejuang dan pahlawan yang mappatumballe lita Mandar.
Alat musik yang di pakai dalam pertunjukan ini adalah kacaping (kecapi) yang bentuknya seperti gitar tapi agak panjang dan ramping serta talinya hanya dua. Personilnya minimal 4 orang yang terdiri dari 2 orang bagian alat musik (sound) dan 2 orang lainnya sebagai penyanyi. Adapun busana yang digunakan untuk pemain dan penyanyinyi adalah baju, celana panjang (kadang sarung sabe Mandar), kopiah (kadang juga pengikat kepala). Sedangkan bagi gadis-gadis pioro didandani secantik mungkin dengan memakai pakaian adat, baju pokko, sarung sabe dan aksesoris lain yang dianggap perlu dengan tetap bernuansa budaya Mandar.

VIDEO: Parrawana Towaine ala Bamba Tipalayo




Rawana atau parrawana (rebana) adalah sebuah jenis pertunjukan yang ada di Mandar. Jenis alat dan pertunjukan ini mulai ada ketika islam masuk di Mandar dan dalam perkembangannya, pertunjukan ini kerap kali mengiringi atau di pertunjukan ketika masyarakat mempunyai hajatan keagamaan seperti khataman qu’ran dan mengiringi iringan pengantin.
Jenis pertunjukan ini dimainkan tidak hanya oleh kelompok laki-laki atau parrawana tommuane tapi juga kelompok perempuan yang disebut parrawana towaine yang dalam pertunjukan bisanya perempuan yang menabuh rebana ini menggunakan kostum pakaian adat Mandar.
Baik parrawana tommuane maupun parrawana towaine, tabuhan rebana dan syair lagunya semuanya mengandung pesan agama dan seruan-seruan moral, seperti:
“Manu-manu di suruga, saicco pole boi,
Allahmappettuleang, tosukku sambayanna.....
Passambayammoqo naung, pallima wattumoqo,
Allahiyamo tuqu pewongan di ahera...”,dst.
Hanya saja parrawana towaine syair lagunya memakai bahasa Mandar sementara parrawana tommuane menggunakan bahasa arab yang di ambil dari kitab Al Barzanjiy seperti al burdah (burudah), tananka, asyrakah dll. Selain itu, tabuhan rebana pada pertunjukan parrawana tommuane tersirat kalimat tahlil, misalnya, tabuhan “de dung de dung de de dung...” Ketukan ini menyiratkan untaian “laa ilaha illallah...”.
Alat musik yang digunakan adalah rawana besar dan kecil, terbuat dari batang kayu yang di bentuk sedemikian rupa dengan bagian sisi depannya di bungkus kulit kambing (pakolong) yang sudah dikeringkan,sedangkan personilnya terdiri dari 8 sampai 15 orang yang semuanya di haruskan menyanyi mengikuti irama rawana.

RUMPITA : DARI BUMI PA'BICARA KE NEGERI TANETE TAMBOTTU TAPPALANG



Catatan Muhammad Munir

Terhitung mulai jum’at-sabtu dibilangan tanggal 20-21 Januari 2016, Rumpita resmi menyapa masyarakat dibumi Tanete Tambottu. Tim Kreatif RUMPITA dan Lentera RUMPITA Majene mencoba mengurai dan mengelaborasi bentuk pengabdiannya menyapa generasi Tappalang, salah satu dari wilayah adat yang tercatat dalam gugusan litaq Ba’bana Binanga dalam konfederasi Mandar pada tahun 1580-an di Balanipa. Kendati Tappalang sendiri adalah rumpun keluarga dari Ulusalu dari garis keturunan neneq Tambuli Bassi. Namun menjadi satu lewat RUMPITA sebagai perekat penyatuannya dalam memesrai litaq pembolongang.

Hari Sabtu 21 Januari 2017, tak ada hujan deras mengguyur sebagai penghalang, tak juga ada badai yang menghantam. Yang ada hanya waktu yang serba sulit untuk dibagi ditengah perampungan beberapa naskah buku yang akan naik cetak di Triwulan Pertama 2017 ini di Polman dan Majene. Rasanya sudah pesimis untuk bisa memenuhi panggilan dari adik-adik Lenetera Rumpita untuk menyambangi Tappalang. Ada usulan untuk diundur ke tanggal 28 Januari sebab pada tanggal 29 ada agenda di Mamuju kota. Usulan tersebut ternyata ditampik dengan mengirimkan armada mobil untuk angkut buku dari Tinambung ke Tappalang. Itulah Ade, sang pemilik mata indah dari genetik neneq Tambuli Bassi di Taang ini bersikeras untuk menggolkan agendanya di Tappalang.


“ SMA Negeri 1 Tappalang dan anak-anak di Desa Taan dan Kasambang terlanjur mengharapkan kedatangan Tim Kreatif RUMPITA untuk bisa berbagi pahala sosial lewat aksi gelar buku dan bincang literasi di SMA Negeri 1 Tappalang”. Katanya Ade Irma Yuniar. Tentu saja kondisi tersebut mau tidak mau harus menyiapkan TIM Kreatif Rumpita untuk bisa menghadiri agenda tersebut. Dan benar saja, Nursaid Nurdin tiba-tiba mengambil keputusan, “Kita harus terima panggilan itu kanda, tidak bisa tidak sebab mereka juga adalah bagian dari anak negeri ini yang berhak mendapatkan apa yang bisa kita berikan kesana”. Tak ayal lagi, Adnan Wardihan, Asrar, Alling mengambil langkah dan berkemas untuk menempuh perjalanan panjang yang membutuhkan durasi sampai 2 jam naik kendaraan bermotor.

              Ade Irma Yuniar, Asmawati, Tuti, Mila, dkk ternyata sudah menunggu disana. Kekhawatiran jangan-jangan mereka menunggu membuatnya harus berangkat lebih dulu. Dan ternyata benar. Mereka sudah dalam penantian untuk bisa menepis rasa malu jika tak ada personil RUMPITA yang kesana. Anehnya, tak tampak sama sekali rasa susah atau apapun yang tergurat di wajah Nursaid dkk. Mereka bahkan penuh semangat dan kegembiraan. Baik Nursaid dkk maupun mereka yang di Tappalang rupanya sangat senang mendengar kegiatan ini tak ditunda.


              Gelar Buku dan Bincang Literasi di Tappalang ini ternyata sangat membakas di wajah-wajah kecil yang polos itu. Dari mereka ditemukan talenta baru dan anak-anak yang sangat gembira mengikuti aksi gelar buku dari personil Rumpita. Hingga sampai pada kesimpulan bahwa RUMPITA harus bisa menjadi katalisator budaya literasi di Tappalang yang memang sudah punya fasilitas SUDUT BACA di SMA negeri 1 dan dibeberapa desa di Kecamatan Tappalang.

              Selain upaya menebar virus literasi dalam artian mendekatkan akses bacaan ke masyarakat, muncul juga keinginan untuk mendalami jejak-jejak peradaban di BUMI TAPPALANG. Begitulah yang menjadi tradisi di RUMPITA pada setiap kunjungannya disebuah tempat. Mereka adalah insan-insan yang tak ingin dikatakan generasi yang gagal paham, menggendong lupa dan sejenisnya. Mereka sebisa mungkin menelisik dan mengorek kedalaman untuk bisa menemukenali sukma sebuah daerah. Hingga sebuah pertanyaan muncul dalam benak mereka, mengapa disebut Tappalang?

           Menurut beberapa peneliti dan cerita tutur yang berkembang dimasyarakat bahwa Tappalang adalah salah satu komunitas masyarakat yang peradabannya sudah berkembang pada abad ke-12. Abad ke-12 tersebut eksistensi masyarakat adat Tapalang telah terwujud. Masyarakat adat Tapalang memiliki kebudayaan lengkap dengan norma dan aturan, memiliki sistem interaksi sosial, sistim ekonomi dan sistim pemerintahan yang dijadikan pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.  Mereka hidup rukun, aman dan damai, semangat gotong royong, persaudaraan dan kesetiakawanan dijunjung tinggi. Masyarakat hidup saling menghargai dan tolong menolong. Yang membuat Tappalang tak terekspos sebab masyarakat lebih kental dengan budaya tutur.


Sejarah asal Tappalang mempunyai banyak versi yang berkembang. Namun, yang banyak dijadikan referensi adalah ketika seorang lelaki dari Tabulahang bernama Tambuli Bassi  bersama rombongan melakukan perjalanan melalui Tanete Tambottu (gunung yang tidak terputus) hingga tiba di suatu tempat yang bernama Karatuang (kaki bukit Dusun Tamao Desa Tampalang). Di tempat itulah berakhirnya perjalanan Tambuli Bassi dimana tongkat dari bambu emas itu ditancapkan dan berkata dalam dialek rumpun bahasa ulunna salu "diami inde tampa' lalangtaq" (disinilah ujung perjalanan kita). Sampai sekarang wilayah ini dikenal dengan sebutan Tampalang atau Tappalang yang berarti ujung jalan.

Diujung jalan itulah RUMPITA kini berhenti sejenak. Berhenti untuk kemudian mengatur langkah bagaimana mendesai wilayah ini agar tak saja ada, tapi juga diakui sebagai sebuah wilayah yang dahulu berdaulat dan menjadi pusat peradaban di Mandar. Inilah kerja-kerja RUMPITA kedepan. Literasi mesti menjadi sebuah gerakan kolektif untuk tidak saja berhenti pada target membaca dan meningkatkan minat baca. Namun yang terpenting bagaimana mereka yang hari ini membaca, kedepan bisa menulis minimal menulis apa yang pernah terjadi, yang terjadi saat ini dan yang akan terjadi kedepan. Itulah nilai paling hakikat dari sebuah gerakan literasi.  

Sabtu, 21 Januari 2017

MENU MENENUN ASA



(06)
 


Aku dan segala tentang masa laluku
Dan ketika pucat pasih menenun letih
Kau dengan tanpa basa basi melumatnya
Tak berbilang waktu, aku kau kubur ditoiletmu
Terurai oleh pengurai yang tak jelas rumbu apinna
Kau mungkin lupa bahwa aku yang terurai itu
Lahir kembali jadi unsur hara yang lebur bersama makan malammu
Dan aku mengantarmu tidur untuk mencumbuimu
Tak kau sadari, masa lalu itu yang mengikis malam
Menjemput pagimu !

Aku yang berada bersamamu saat ini
Dan segala tentang hari hari depanku
Kau coba untuk membenamkannya di ujung senja
Kau teteskan pada undu ditangnga bongi
Kau leburkan pada mimpi burukmu
Dan lalu kau jadikan pembilas kain cucianmu
Tapi kau lupa, senja dan undu adalah aku
Mimpimu adalah wujudku
Aku terselip dikainmu dan menetes terserap akar
Menguap tertiup angin dan terbentuk jadi kristal air
Dan ketika hujan membuaimu mimpi indah
Lagi-lagi akulah mimpi itu, dan kain yang membungkusmu juga aku
Tak akan ada yang janggal ketika undu menusuk dingin diporimu
Sebab lagi-lagi aku ada diantara semuanya !

Masa laluku,
Akan sangat indah jika kau jadikan menu
Menu untuk jamuan setiap makan malammu
Masa depanku,
Akan sangat nikmat jika kau jadikan lalapan
Untuk santap siangmu
Dan aku sekarang, akan sangat bahagia
Jika disetiap menu makanku, kau adalah satu yang sempurna
Agar dalam setiap tidur kita adalah sebuah mimpi
Mimpi yang akan mengubah segalanya menjadi indah

Kontar, 1 Februari 2015