Sabtu, 21 Januari 2017

MENU MENENUN ASA



(06)
 


Aku dan segala tentang masa laluku
Dan ketika pucat pasih menenun letih
Kau dengan tanpa basa basi melumatnya
Tak berbilang waktu, aku kau kubur ditoiletmu
Terurai oleh pengurai yang tak jelas rumbu apinna
Kau mungkin lupa bahwa aku yang terurai itu
Lahir kembali jadi unsur hara yang lebur bersama makan malammu
Dan aku mengantarmu tidur untuk mencumbuimu
Tak kau sadari, masa lalu itu yang mengikis malam
Menjemput pagimu !

Aku yang berada bersamamu saat ini
Dan segala tentang hari hari depanku
Kau coba untuk membenamkannya di ujung senja
Kau teteskan pada undu ditangnga bongi
Kau leburkan pada mimpi burukmu
Dan lalu kau jadikan pembilas kain cucianmu
Tapi kau lupa, senja dan undu adalah aku
Mimpimu adalah wujudku
Aku terselip dikainmu dan menetes terserap akar
Menguap tertiup angin dan terbentuk jadi kristal air
Dan ketika hujan membuaimu mimpi indah
Lagi-lagi akulah mimpi itu, dan kain yang membungkusmu juga aku
Tak akan ada yang janggal ketika undu menusuk dingin diporimu
Sebab lagi-lagi aku ada diantara semuanya !

Masa laluku,
Akan sangat indah jika kau jadikan menu
Menu untuk jamuan setiap makan malammu
Masa depanku,
Akan sangat nikmat jika kau jadikan lalapan
Untuk santap siangmu
Dan aku sekarang, akan sangat bahagia
Jika disetiap menu makanku, kau adalah satu yang sempurna
Agar dalam setiap tidur kita adalah sebuah mimpi
Mimpi yang akan mengubah segalanya menjadi indah

Kontar, 1 Februari 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar