Sabtu, 31 Desember 2016

ABM-ENNY MEMBANGUN SDM : INI KAJIAN ILMIAHNYA !


Ali Baal dalam kepemimpinannya sebagai Bupati Polman selama dua periode berhasil menggenjot PAD yang hanya 5 miliar menjadi 11 miliar saat memimpin ditahun pertama. Manajemen birokrasi ia benahi secara profesional. SDM dibangun dengan cara menyekolahkan pegawainya yang berprestasi demi menunjang tugas-tugasnya. Dari segi stereotip keunggulan daerah, Polman memiliki keunggulan dari segi potensi pertanian sehubungan SDM untuk mengelola potensi pertanian juga ia genjot habis-habisan.

Semua ia genjot hingga merubah tampilan Polman menjadi lebih baik dan membanggakan. Sektor ekonomi, SDM, SDA, agama, seni dan budaya tak ketinggalan ia sentuh dengan sangat profesional sehingga tak heran ketika periode kedua melalui pemilihan langsung pun ia tetap mampu menjadi pemenang ditengah gempuran lawan-lawan politiknya.

Yang menarik dari periode kepemimpinannya terletak ketika periode pertama masih Polewali Mamasa tapi periode keduanya telah berubah menjadi Polewali Mandar. Termasuk sistem pemilihan pada peride pertam ia dipilih oleh Anggota DPRD Polmas, tapi pada periode keduanya dipilih secara langsung oleh seluruh rakyat Polewali Mandar. Dan pada periode keduanya juga melekat sebuah inisial yang begitu populer yaitu ABM.

ABM yang pada Pilkada 2011 lalu memperoleh suara terbanyak kedua saat berkompetisi melawan Anwar Adna Saleh dan Salim Mengga. Capaian pada Pilkda 2011 itu menjadi peluang paling besar untuk menjadi pemenang sebab pada 2011 ia melawan kubu AAS tapi pada Pilkada 2017 ini dua kekuatan yang menjadi pemenang Pilkada 2011 ini menyatu.

Sampai saat ini, ketokohan ABM memang sangat popular di Sulawesi Barat ketimbang rivalnya SDK dan SALIM. Diantara ketiganya, ABM tetap menjadi tokoh sentral yang layak diperhitungkan untuk memimpin banua malaqbiq yang bernama  Sulawesi Barat ini. Alasan memilih ABM-ENNY sesungguhnya adalah pilihan yang tepat dalam rangka melanjutkan segala program AAS selama dua periode. AAS dalam pemerintahannya terkesan lebih focus ke infrastruktur namun ABM sebagai pelanjut yang menggadeng istri AAS ini akan lebih focus membangun kultur dan SDM. Mengapa SDM menjadi prioritas dalam misi ABM-ENNY ? Inilah alas an ilmiahnya.

Pertama, karena memang dari hasil uji data yg telah dilakukan melalui 6 tahap, SDM memang memiliki persentase tertinggi (urgency 32%) dari misi lain, dimana setiap misi di topang berbagai sasaran strategisnya masing-masing...(Bhagwat & Sharma, 2007; Kaplan & Norton, 1992, 1996) (Lawrie & Cobbold, 2004).

Kedua, karena memang seluruh konsep pembangunan di dunia ini, pembangunan SDM adalah hal utama dan pertama yang harus dibangun dahulu (Gerring, Thacker, & Alfaro, 2012; Ife, 2006)....Oleh karena manusia adalah modal sosial utama (human capital) (Burt, 2000; Claridge, 2004; Woolcock & Narayan, 2000) merupakan salah satu faktor penting dalam proses pertumbuhan ekonomi (teori Cobb-Douglas). Dalam teori Cobb-Douglas mengemukakan bahwa pencapaian pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari kualitas human capital-nya. Dengan modal manusia yang berkualitas kinerja ekonomi diyakini juga akan lebih baik. Kualitas modal manusia ini misalnya dilihat dari tingkat pendidikan, kesehatan, ataupun indikator-indikator lainnya. Oleh sebab itu, dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi perlu pula dilakukan pembangunan manusia, termasuk dalam konteks ekonomi daerah.

Kebijakan pembangunan yang tidak mendorong peningkatan kualitas manusia hanya akan membuat daerah yang bersangkutan tertinggal dari daerah yang lain, termasuk dalam hal kinerja ekonominya (Suyuti, 2015).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar