Rabu, 27 Maret 2024

USMAN SUIL || RENUNGAN RAMADHAN (17)


Dahsyatnya Do'a Kumail

Doa Kumail adalah doa Nabi Khaidir as yang diajarkan kepada Ali bin Abi Thalib kemudian diajarkan ke Kumail Ibnu Ziyad yang kini dikenal dengan nama doa kumail. Doa ini cukup panjang namun saya hanya akan mencoba mengambil satu penggalan di ayat pertama.

Dipenggalan pertama dikatakan:

اللّهمّ انِّى اَسْئلُكَ بِرَحْمَتِك الَّتِى وَسِعْتْ كُلَّ شيئٍ

"Ya Allah! Aku memohon dengan Rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu."

Adakah sesuatu tanpa pengawasan Allah Swt? Tidak ada yang terlepas dari jangkauan-Nya. Semuanya bergantung kepada-Nya.  Begitu juga dengan Rahmat-Nya yang meliputi segala sesuatu.

Kalau Rahmat-Nya meliputi segala sesuatu, lalu bukankah rasa sakit, kesengsaraan, penderitaan, peperangan merupakan jauhnya dari Rahmat-Nya? Kelihatannya memang ia, padahal kalau kita gali lebih jauh lagi akan terungkap bahwa benar adanya segala sesuatu itu tidak terlepas dari kasih sayang-Nya.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

فَاِ نْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ رَّبُّكُمْ ذُوْ رَحْمَةٍ وَّا سِعَةٍ ۚ وَلَا يُرَدُّ بَأْسُهٗ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ
_"Maka, jika mereka mendustakan kamu, katakanlah, "Tuhanmu mempunyai rahmat yang luas dan siksa-Nya kepada orang-orang yang berdosa tidak dapat dielakkan."_
(QS. Al-An'am 6: Ayat 147)

Berdasarkan ayat ini, meskipun mendustakan kebenaran yang dibawa para Nabi Allah, Rahmat-Nya tetap terbuka luas. Adapun kalimat siksa pada ayat ini adalah peringatan yang dikarenakan akan kasih sayang Tuhan. Seperti halnya orang tua yang memberi peringatan kepada anaknya lantaran kekhawatirannya akan suatu hal negatif yang menimpa pada anak-anaknya. 

Ditilik dari surah al-Fatihah ayat pertama, Allah menekankan dua sifat-Nya yang agung yaitu _Rahman_ dan _Rahim._ Dua sifat ini adalah yang paling pertama disebutkan dalam Al-Qur'an yang berada pada surah pertama sekaligus ayat pertama, hanya didahului dengan nama Allah. Kemudian setiap pergantian surah selalu dimulai dengan membaca basmalah sebagai penekanan bahwa betul-betul Allah Swt adalah dzat yang pengasih dan penyayang.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اَلرَّحْمٰنُ عَلَّمَ الْقُرْاٰ نَ خَلَقَ الْاِ نْسَا نَ 
_"(Allah) Yang Maha Pengasih, yang telah mengajarkan Al-Qur'an, Dia menciptakan menusia."_ (QS. Ar-Rahman 55: Ayat 1-3)

Secara logika seharusnya ayat tiga pada surah _ar-Rahman_ berada pada ayat pertama dan ayat pertama berada pada ayat ketiga. Mencipta, mengajarkan ilmu kepada yang diciptanya barulah dikatakan dermawan tapi Allah justru mengatakan sebaliknya. Ini membuktikan bahwa betapa tiada yang mendahului karunia atau rahmat Allah Swt.

Dikatakan dalam sebagian tafsir bahwa sifat _Rahimiyyah_ Allah Swt peruntukkan secara khusus kepada orang-orang yang bertakwa sedangkan sifat Rahmaniyyah-Nya bersifat umum, mencakup kepada semua makhluk tanpa terkecuali yang beriman bahkan kepada yang mengingkarinya sekalipun. Seburuk apapun karya tetap akan dihargai dari pembuatnya. Apa mungkin Allah Swt tidak mencintai makhluk ciptaan-Nya?

Dalam buku Avatar Cinta karangan Habibullah Farakhzad menceritakan bahwa dalam kitab _'Ilal asy-Syarayi'_ orang-orang datang kepada Fir'aun ketika air sungai Nil menyusut, orang-orang itu berkata: _"Bukankah engkau tuhan kami?" _ Fir'aun menjawab: _"Ya" _ Mereka berkata lagi: _"Jika begitu perbanyak sungai Nil, kebun kami sudah kekurangan air"_ Fir'aun berkata:_"Baik, besok aku akan perbanyak."_  Pada malam harinya Fir'aun menanggalkan pakaian kebesarannya kemudian bersungkur ke tanah dan berkata: _"Ya Allah, jangan lenyapkan harga diri kami. Ya Allah, kami telah terperosok kedalam bahaya." _ Dia terus merintih sehingga Allah mengabulkan permohonannya dengan memperbannyak air sungai Nil.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَجَحَدُوْا بِهَا وَا سْتَيْقَنَـتْهَاۤ اَنْفُسُهُمْ ظُلْمًا وَّعُلُوًّا ۗ فَا نْظُرْ كَيْفَ كَا نَ عَا قِبَةُ الْمُفْسِدِيْنَ
_"Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongannya, padahal hati mereka meyakini (kebenaran)nya. Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat kerusakan."_ (QS. An-Naml 27: Ayat 14)

Ali bin Abi Thalib berkata: _"Saya tidak perlu kuda yang berlari kencang karena saya tidak pernah berpikir untuk lari dari peperangan ataupun mengejar musuh yang lari dari peperangan."_ Dalam riwayat dikatakan bahwa pernyataan ini adalah jawaban Ali ketika dia dianggap telah beriman buta dan bukan lagi manusia karena ia memilih kuda perang yang kurus dan sangat lemah sementara yang lain berbondong-bondong merebut kuda yang kuat berlari kencang. Kata ini membuktikan betapa sahabat Nabi ini begitu lapang hatinya sekaligus menyampaikan bahwa segala sesuatu itu terdapat Rahmat Allah Swt yang tiada hingga. 

Baris pertama pada Do'a Kumail memberikan pengetahuan bahwa tidak sedikitpun terlepas dari Rahmat-Nya. Sakit adalah Rahmat karena dari rasa sakit itulah manusia menyadari akan melemahannya sebagai makhluk dan juga kemiskinan adalah rahmat karena mengajari kita untuk rajin bekerja dan menabung, dan lain sebagainya. Walkahu a'lam bissowab.

Doa Hari ke 17

اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْهِ لِصَالِحِ الأَعْمَالِ وَ اقْضِ لِيْ فِيْهِ الْحَوَائِجَ وَ الآمَالَ يَا مَنْ لاَ يَحْتَاجُ إِلَى التَّفْسِيْرِ وَ السُّؤَالِ يَا عَالِمًا بِمَا فِيْ صُدُوْرِ الْعَالَمِيْنَ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ

Artinya : Ya Allah anugrahilah aku di bulan ini untuk bisa berperilaku yang baik dan kabulkanlah semua hajat dan keinginanku. Wahai yang tidak memerlukan penjelasan dan pertanyaan. Wahai yang Maha mengetahui apa yang ada di dalam alam ini. Anugrahilah shalawat dan salam bagi Muhammad dan keluarganya yang suci.

(NB: _tulisan lama diadopsi kembali_)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar