Minggu, 10 Maret 2024

FOOTNOTE HISTORIS ||KEJUJURAN (1)

By Ahmad M. Sewang

Di antara nilai utama yang diajarkan puasa adalah kejujuran. Puasa adalah kewajiban yang sangat rahasia dari Allah swt. Tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui apakah seseorang sedang menunaikan ibadah puasa atau tidak, hanya yang bersangkutan dan Allah Yang Maha Mengetahui. Seorang yang sedang berpuasa, walau dalam kesendirian dalam kamar sendirian, di tengah kehausan di siang hari bolong, sementara di depannya terdapat segelas air dingin, tetapi ia tidak akan meminumnya. Padahal tidak ada seorang yang melihatnya. Karena ia sadar sedang berpuasa, di mana pun ia berada Allah Maha Melihatnya. Puasa ternyata menanamkan sifat kejujuran dan ketulusan. Puasa memiliki kekhususan dibanding ibadah lainnya, maka Allah swt. berfirman dalam hadis Qudsi:

Puasa itu untuk saya dan saya sendiri langsung memberi balasan pahala.

Suatu ketika seorang Badui mendatangi Nabi ingin masuk Islam. Ia menceritakan pada Nabi bahwa ajaran Islam sudah sampai padanya dibawa para sahabat. Untuk itu, ia ingin masuk Islam, hanya saja, "Apa masih bisa melakukan perbuatan yang dilarang dalam Islam." Mendengar itu, Nabi menjawab, "Silahkan." Hanya saja ada satu yang kamu wajib jalankan yaitu jujur. Si Badwi kemudian pergi sambil berpikir alangkah mudahnya masuk Islam. "Semua bisa saya lakukan kecuali saya harus jujur," gumam si Badui tadi. Suatu ketika, kumal lagi penyakit kebiasaannya. Ia ingin mencuri. Namun ia ingat komitmennya pada Nabi sambil bertanya dalam hatinya, "Bagaimana jika Nabi bertanya? Jika saya berbohong pasti saya sudah melanggar komitmen itu bahwa akan bersikap jujur. Namun, jika saya berkata jujur, pasti saya sangat malu di depan Nabi." Demikian sedang terjadi pertarungan dalam hati si Badui yang pada akhirnya yang selalu memenangkan pertarungan itu adalah kejujuran. Setiap ingin melakukan kejahatan, namun selalu yang memenangkan adalah suara hati nuraninya. Akhirnya, si Badui tadi menjadi seorang muslim yang baik dan jujur.

Disinilah peran puasa menanamkan kejujuran pada saat yang sama kita kehilangan sesuatu pada diri kita, yaitu kejujuran. Lihat saja pemilu yang baru saja kita laksanakan, ternyata menghasilkan kecurigaan satu sama lain.

Wasalam:
Kompleks GPM, 10 Febt. 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar