Jumat, 03 Juni 2016

Silabus Dakwah Ramadhan !

 Silabus ini disusun oleh Muhammad Munir


NO
JUDUL

URAIAN
REFERENSI

1.
Optimalisasi Ibadah Ramadhan
1.       Kegembiraan Menyambut Ramadhan.
2.       Target Ibadah Ramadhan :
a.       Taqarrub Ilallah
b.      Tadzkiyatun Nafs
c.       Pemakmuran Masjid
QS. 2  : 183


2.
Hakikat Ibadah Ramadhan
1.       Ramadhan Melatih diri Meningkatkan Taqwa
2.       Hakikat Ibadah Ramadhan :
a.       Memperbaiki Keislaman diri
b.      Memperbaiki Keislaman Keluarga
c.       Memperbaiki Keislaman Masyarakat
QS. 2  : 183
QS.66 : 6

3.
Iman,Ilmu dan Amal
1.       Hubungan antara Ilmu dan Iman
2.       Kewajiban Beramal dengan Ilmu
3.       Nilai Manusia tergantung Iman dan Amal
QS.58 : 11
QS.17 : 36
QS.95 : 4-6

4.
Keutamaan Shalat Berjamaah
1.       Keharusan Menunaikan Shalat Berjamaah
2.       Keutamaan Shalat Berjamaah
a.       Nilai pahala yang lebih besar
b.      Memperkokoh semangat persatuan


5.
Shalat Berjamaah di Masjid
1.       Keharusan Laki-Laki Shalat di Masjid
2.       Abdullah Bin Ummi Maktum,Buta tapi tetap ke Masjid
3.       Manfaat Shalat di Masjid :
a.       Mendapat pahala yang besar
b.      Memiliki tanggung jawab social
c.       Tumbuh kesadaran Pemakmuran Masjid


QS. 9  : 18


6.
Makna dan Hakikat Sabar
1.       Sabar,makna dan hakikatnya
2.       Macam-macam Sabar :
a.       Sabar atas cobaan dunia
b.      Sabar dari keinginan nafsu
c.       Sabar dalam taat
d.      Sabar atas beban dakwah
e.      Sabar saat pertempuran
f.        Sabar dalam hubungan manusiawi
QS. 2  : 155

7.
Hak Asasi Manusia dalam Islam
1.       Manusia merupakan makhluk yang mulia
2.       Hal-hal yang menjadi hak manusia untuk dipelihara:
a.       Agama
b.      Jiwa
c.       Kehormatan
d.      Akal
e.      Harta
QS.2    : 193
QS.12  : 53
QS. 4   : 68
QS. 5   : 58
QS. 63 : 9

8.
Taqwa dan Keuntungannya
1.       Keharusan Memperkokoh Taqwa
2.       Pengertian Taqwa
3.       Keuntungan Orang  yang bertaqwa:
a.       Diberi jalan keluar dari masalah
b.      Mendapat rezki dari yang tak terduga
c.       Dimudahkan urusannya
d.      Digandakan pahalanya
e.      Mampu membedakan hak dan  bathil
QS. 3   : 102
QS. 65 : 2-5
QS. 8   : 29


9.
Profil Orang yang Bertaqwa
1.       Beda, antara yang bertaqwa dengan yang tidak
2.       Profil orang yang bertaqwa:
a.       Memiliki keimanan yang mantap
b.      Dekat kepada Allah swt.
c.       Siap berkorban jiwa dan harta
d.      Berhubungan baik dengan sesama
QS. 2  : 2-5
QS, 2  : 177

10.
Tawakkal itu Indah
1.       Makna dan keharusan Tawakkal
2.       Rukun Tawakkal :
a.       Mengenal Allah dengan segala sifatnya seperti : Maha Kuasa,Kaya,tempat meminta dll.
b.      Kemantapan hati dalam Tauhid
c.       Menyandarkan hati sepenuhnya kepada Allah
d.      Baik sangka kepada Allah



QS. 3  : 160

11.
Pengaruh Tawakkal
1.       Tawakkal kepentingan manusia
2.       Buah Tawakkal :
a.       Ketentraman
b.      Kekuatan
c.       Keperkasaan
d.      Ridha  (Kepuasan)
e.      Harapan (Optimis)
QS. 10  : 71-72
QS. 11  : 54-56
QS. 8    : 49
QS. 21  : 83-88


12.
Jalan Menuju Tawakkal
1.       Tawakkal Menggunakan Jalan yang ditentukan Allah
2.       Jalan Menuju Tawakkal :
a.       Mengetahui Asma Allah
b.      Tsiqoh (Percaya) pada Allah
c.       Mengenal kelemahan diri sendiri
d.      Bergaul dengan orang yang bertawakkal
e.      Mengikuti jejak generasi yang Tawakkal
f.        Mengetahui keutamaan Tawakkal
QS. 67 : 29
QS. 51 : 20-21
QS. 19 : 1-2
QS. 65 : 3

13.
Kendala Tawakkal
1.       Manusia kadang kala tidak Tawakkal
2.       Kendala dalam Tawakkal
a.       Tidak Mengetahui kedudukan Allah
b.      Tertipu diri sendiri
c.       Condong kepada Makhluk
d.      Terpedaya denga dunia
QS. 6   : 17
QS. 18 : 42-44
QS. 7   : 194
QS. 3   : 14

14.
Nikah Dalam Pandangan Allah
1.       Anjuran Untuk Menikah
2.       Nikah merupakan sesuatu yang agung dan sakral,jangan menodai pernikahan dengan sesuatu yang maksiat
3.       Pernikahan harus disyukuri

QS. 4  : 21

15.
Rumah Tangga yang Bahagia
1.       Setiap orang menghendaki kehidupan rumah tangga yang bahagia
2.       Fakto-faktor kebahagiaan:
a.       Pasangan hidup yang Shaleh/Shalehah
b.      Anak-anak yang Shaleh/Shalehah
c.       Pergaulan dengan orang yang Shaleh/Shalehah
d.      Sumber rezki di negri sendiri
QS. 30 : 21
Hadits 17

16.
Fungsi Rumah Tangga
1.       Keharusan membekali kehidupan rumah tangga dengan Taqwa
2.       Fungsi Rumah Tangga :
a.       Tempat kembali
b.      Masjid
c.       Madrasah
d.      Benteng pertahanan rohani


QS. 2  : 197

17.
Interaksi Dengan Al Qur’an
1.       Perlu dekat dengan Al Qur’an
2.       Bentuk Interaksi dengan Al Qur’an :
a.       Membaca
b.      Memahami
c.       Mengamalkan
d.      Memasyarakatkan
QS. 2  : 185

18.
Waktu Dalam Kehidupan Muslim
1.       Waktu itu laksana pedang
2.       Waktu cepat berlalu dan tak akan kembali lagi
3.       Penyesalan akibat tidak memanfaatkan waktu dengan baik
4.       Keharusan memanfaatkan waktu dengan baik

QS.79 : 46
QS.63 : 9-10
QS.35 : 36-37


19.
I’tiqaf,Menghidupkan Sunnah Rasul
1.       Meneladani Rasul dalam Ibadah 10 hari terakhir
2.       I’tiqaf dalam rangka memakmurkan masjid dan Taqarrub Ilallah



20.
Program I’tiqaf
1.       I’tiqaf,Usaha memantapkan iman dan taqwa
2.       Program : Bahasstema-tema Islam,Kajian Kitab,Tadabbur,dzikir dll.


21.
Taqarrub Ilallah
1.       Keharusan mendekatkan diri kepada Allah
2.       Seluruh peribadatan mendidik kita untuk dekat kepada Allah
3.       Pentingnya dekat kepada Allah :
a.       Memiliki ketenangan dan ketentraman jiwa
b.      Tidak berani menyimpang dari jalan Allah
c.       Bertanggung jawab atas tegaknya nilai-nilai Islam
QS. 58 : 7-8


22.
Urgensi  Ikhlash Dalam Beramal
1.       Pengertian dan Perintah Ikhlash
2.       Urgensi ikhlash dalam amal
a.       Faktor diterimanya amal
b.      Amal yang berat menjadi ringan
QS. 98 : 5

23.
Buah Keikhlashan
1.       Ikhlash membawa pengaruh positif
2.       Buah-buah ikhlash :
a.       Ketenangan jiwa
b.      Kekuatan rohani
c.       Amal yang kontinyu
d.      Memperoleh pahala
QS. 28 : 88


24.
Faktor-faktor Pemantap Ikhlash
1.       Kesungguhan mencapai ikhlash
2.       Faktor-faktor pemantap ikhlash :
a.       Ilmu yang mantap
b.      Teman yang ikhlash
c.       Mengikuti orang ikhlash
d.      Berjuang melawan hawa nafsu
e.      Berdo’a kepada Allah swt.


QS. 22 : 54
QS. 18 : 28


25.
Hikmah Zakat
1.       Keharusan menunaikan Zakat
2.       Hikmah Zakat :
a.       Mensucikan jiwa dari sifat kikir
b.      Mensucikan harta dari yang haram
c.       Memperkokoh hubungan kepada Allah
d.      Memperkokoh hubungan dengan sesame manusia

QS. 9 : 60 dan 103


26.
Kaya Hati
1.       Kaya hati merupakan kaya yang sesungguhnya
2.       Kaya hati,cukup dan ridha dengan pemberian Allah
3.       Miskin hati,merasa kurang meskipun harta sudah banyak
4.       Ciri kaya hati :
a.       Dipenuhi cahaya iman
b.      Memiliki sifat Qonaah
c.       Memiliki sifat tawakkal yang tinggi
QS. 24 : 35
QS. 65 : 3


27.
Pintu-Pintu Syaitan
1.       Syetan selalu mencari celah untuk menghancurkan manusia
2.       Pintu-pintu yang digunakan syetan :
a.       Wanita
b.      Anak
c.       Harta
d.      Kuda Pilihan sebagai symbol status
QS. 63 : 9

28.
Dzikir,Syukur dan Ibadah yang Baik
1.       Nabi mengajarkan do’a minta kesanggupan berdzikir,syukur dan ibadah yang baik
2.       Hakikat dzikir,syukur dan ibadaah yang baik
QS.63 : 9
QS. 14 : 7

29.
Makna Takbiran
1.       Mengakhiri Ramadhan dengan Takbir,Tahlil dan Tahmid
2.       Takbir berarti mengakui kebesaran Allah dan mau tunduk pada Undang-Undang Allah
3.       Tahlil berarti loyalitas hanya kepada Allah
4.       Tahmid berarti bersyukur atas nikmat dari Allah
QS. 2   : 185
30.
Kembali Kepada Fitrah
1.       Mengakhiri Ramadhan,Mengembalikan kesucian jiwa
2.       Keberhasilan Ibadah Ramadhan :
a.    Tauhid yang amntap
b.    Akhlak yang mulia
c.     Semangat menimba ilmu
d.    Semangat memakmurkan masjid
e.    Solidaritas social yang tinggi

QS. 30 : 30
















                                                                               

Puisi: DO’A


Ya Allah,
Jadikanlah waktu-Mu
Adalah bentakan bagiku
Agar jiwaku terbangun
Dari mimpi

Ya Allah,
Jadikan aku rahmah dunia-Mu
Agar segala tentangku adalah ilmu
Jadikan ilmu-Mu perisai bagiku
Agar tubuh dan batinku sebagi bacaan

Ya Allah,
Jadikan tulisanku sebagai do’a


Muhammad Munir, Medio Juli 2008

Rabu, 01 Juni 2016

PEJALAN MAIYAH TEATER FLAMBOYANT MANDAR MENUJU IHTIFAL MAIYAH NUSANTARA (1)

Pesawat dengan Nomor penerbangan  JT0791X milik maskapai penerbangan Lion Air tiba di terminal kedatangan II di Bandara International Juanda Surabaya. Pesawat yang membawa penumpang dari Makassar-Surabaya ini salah satunya adalah rombongan dari Jamaah Maiyah Mandar Teater Flamboyant dari Sulawesi Barat. Ada dua agenda besar yang akan diikuti di Jawa Timur. Kamis, 26 Mei 2016 Tadabbur Kebangsaan bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng dan besoknya 27 Mei 2016 adalah acara di IHTIFAL Maiyah di Menturo Sumobito Kabupaten Jombang. 

Penulis yang kebetulan ikut dalam rombongan dari Teater Flamboyant Mandar ini  terdiri dari M. Sukhri Dahlan, Muhammad Aslam, Fajriana Fatanah, Arifin Nejas dan Muhammad Siddiq serta Muhammad Hafidz (pemilik akun perahu Maiyah) yang sebelumnya sudah menunggu di Surabaya. Yang menarik dan luar biasa adalah Wildan S. Baso yang senagja terbang dari Australia. Beliau salah satu generasi Muda Mandar yang dipercaya untuk menjadi koordinator Maiyah di Australia. Inilah bakti dan bukti eksisnya generasi Cak Nun yang terus mengalir dan menjelma menjadi sebuah filosofi air yang mencari kemuliaannya pada titik-titik terendah. Keberadaan rombongan Jamaah Maiyah Mandar ke Surabaya dan Jombang ini bukan tanpa halangan. 

Ada sederet kisah yang menyertai perjalanan para pejalan maiyah Mandar ini. 4 lembar Tiket sempat hangus disebabkan oleh manajemen dan persiapan yang kurang maksimal, termasuk sang sopir yang harus diparkir karna ban mobil bocor pada kondisi lupa bawa ban serep. Belum lagi penulis harus diseret dan diinterogasi oleh pihak detektor di Bandara Hasanuddin. Masalahnya hanya sepele, yaitu satu buah peluru yang terselip di kantong kecil tas pakaian. Penulis sendiri kaget dan lupa kenapa benda itu berada dikantong tas tersebut. Usut punya usut, ternyata peluru itu adalah salah satu benda yang sempat penulis pungut saat penelusuran sejarah di puncak Buttu Pepattoang Kalasa Majene. Tuhan memang selalu punya cara mengurus hamba-Nya. Termasuk mungkin menunjukkan cintanya melalui cara-cara yang kadang mengusik ketenangan hamba-Nya. 

Hal yang juga menarik, cerita Wildan S. Baso dalam perjalanannya langsung dari Kota Pert Australia via pesawat Garuda Indonesia melaui rute Bandara Ngurah Rai Bali ke Bandara Juanda Surabaya menambah maksyuknya pertemuan para pejalan Maiyah dari Mandar yang bertemu di Universitas Airlangga. Unair adalah salah satu Universitas kebanggaan masyarakat Indonesia. Sebagai  pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) Universitas Airlangga inilah yang menggelar acara tadabbur kebangsaan bersama budayawan Emha Ainun Nadjib dan Kiai Kanjeng, Kamis (26/5). 

Budayawan yang akrab disapa Cak Nun beserta rombongan didaulat untuk mengisi pengajian dan pertunjukan seni musik di halaman depan Kantor Manajemen UNAIR. Acara ini sebenarnya khusus dipermak untuk civitas akademika, baik itu mahasiswa, pimpinan, dan alumni UNAIR. Namun, sengaja dibuka bagi Masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk datang ke Kampus C UNAIR, Kamis malam,” tutur salah satu manajemen Bambang Wetan Surabaya. Acara dimulai dengan penampilan musik akustik yang dimeriahkan oleh musisi lokal Sapto. Dilanjutkan dengan mukadimah oleh Kiai Kanjeng, sambutan dari Rektor UNAIR Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak, dan tadabbur kebangsaan oleh Cak Nun.
 
 



Jumat, 20 Mei 2016

SEJARAH PERGERAKAN DAN PENDIDIKAN DI MANDAR

Diajang Teluk Mandar Art Festival Majene, tiba-tiba saja penulis menemukan sebuah buku  Mandar dalam Arus Revolusi, yang ditulis oleh H. Abd. Rachman, MS. BBA, S.Pd. Dalam buku tersebut penulis menemukan sesuatu yang penting untuk dishare ke pengunjung Blog Rumpita (galerikopicoqboq.blogspot.com). Catatan tersebut adalah sebagai berikut:
 
Pada tahun 1670 Syekh Yusuf mengirim utusan ke Campalagian bernama Abdul Rahman Kamaluddin. Di Mandar Syekh Kamaluddin mengenalkan dan menyebarkan ajaran Islam, mendirikan Surau, sekaligus memberikan pengajian. Ia dikenal dengan nama Tuan di Binuang. Pendidikan agama disurau dikenal dengan nama mukim yang berpusat di Campalagian dan beberapa daerah disekitarnya. 

Pendidikan yang diberikan ialah petuah-petuah keagamaan yang berdasarkan Al Qur'an dan Hadits Rasulullah. Tahun 1913 Pengajian asuhan H. Maddappungan dibuka saat ia kembali dari Makkah. Ia banyak memiliki murid disekitaran Pinrang, Rappang, Soppeng, Wajo dll. Para murid tersebut berdatangan ke Campalagian dan merupakan pusat pembinaan kader muballigh Islam Sulawesi Selatan dan yang masuk belajar tak mengenal umur. Baca tulis Al Qur'an dilaksanakan di rumah-rumah penduduk. Perkembangan selanjutnya, Surau menjadi Madrasah/Pesantren yang dipelopori para ulama seperti Nuhiyah Pambusuang, BPI Majene, DDI Campalgian dan Tinambung serta ada juga yang didirikan oleh organisasi Muhammadiah. 

Tahun 1903 Belanda mendirikan sekolah Volk School disingkat VS atau Sekolah Rakyat. VS berdiri di Majene pada tahun 1907 dan pada tahun 1910 nama VS dirubah menjadi VVS (Ver Volg School atau sekalah Melayu yang dipelopri olehputra-putra terbaik Mandar. Alhasil Majene menjadi kota pendidikan sejak zaman Belanda yakni Afdeling Mandar yang ibukotanya di Majene. Paeduduk di Mandar mayoritas beragama Islam, maka pergerakan kebangsaan di tanah Mandar bernaung dibawah partai-partai panji Islam seperti PSII, Masyumi, Nahdhatul Ulama (NU) dan Ormas Muhammadiyah. Pendidikan lanjutan pada Zaman Belanda dan dipusatkan di Makassar yaitu MULO, HIS, OSVIA dengan persyaratan keturunan bangsawan/adat serta kaya/hidup berkecukupan. 

Sumber: Mandar dalam Arus Revolusi, H. Abd. Rachman, MS. BBA, S.Pd.:Dinas Pariwisata, Informasi dan Komunikasi Kab. Majene 2008

Panggung Teluk Mandar Art Festival digoyang seniman handal

Tak terasa waktu terus berderai. Di malam ketiga, panggung Teluk Mandar Art Festival digoyang oleh para seniman dan komunitas seni ternama dari Polewali Mandar, Majene dan Mamuj. Sure'  Bolong pimpinan Muhammad Ishaq mengusung tema Ole-Ole atau Lupa. Sebuah refleksi ke-Indonesia-an dan ke-Mandar-an kita. Kita adalah bangsa yang suka menggendong lupa. Mungkin itu yang hendak disampaikan oleh Ishaq Janggo. Bakri Latief, salah satu seniman, penulis dan budayawan Balanipa yang tinggal di Makassar juga tampil mengocok perut penonton dengan puisinya Puaji, Tongguru. Bakri Latief memang salah satu aset Mandar yang jarang menyamai talentanya. !0 Bahkan 50 tahun kedepan tak ada jaminan akan lahir manusia yang mampu menandinginya.

Tak ketinggalan pula, Lingkar Musik Uwake juga tak mau kalah. Ia bahkan mengusung persembahan musik tradisi dengan mengangkat isu kliterasi yang menjadikan berita sebagai musik. Uwake' memang punya keunggulan dalam pemilihan tema yang diusung. Komunitas dari Mamuj-pun tak ketinggalan memukau para pengunjung yang memadati Taman Kota Majene. Hal yang juga spektakuler adalah penampilan Sanggar Tari Labada dengan mengusung Cinna, Gassing anna Nawang. Selain itu, ia mendapuk Samurai sebagai simbol kelembutan. ternyata, kekuatan yang sejati adalah kelembutan itu sendiri. Demikian sedikit gambaran tentang tema yang disampaikan oleh Sanggar Tari Labada ini.

Adi Arwan Alimin, penulis, sastrawan, mantan jurnalis yang kini menjadi Komisioner KPU Sulbar ini juga menyempatkan diri untuk memberikan apresiasi atas pelaksanaan ajang Teluk Mandar Art Festival ini. Untuk menikmati pertunjukan tidak boleh bercerita kiri kanan, tapi masuk dalam bagian terdepan dalam pertunjukan. Demikian opening beliau sebelum membaca puisi yang berjudul "Apa Kabar Perempuan Mandar". Usai membacakan puisinya ia sedikit memberikan gambaran bagaimana kondisi literasi di Sulawesi dan Kalimantan. Dikatakannya, sebuah penelitian yang diakui oleh Unesco,  bahwa masyarakat Sulawesi dan Kalimantan mempunyai tingkat kecepatan membaca 45-75 kata per menit. Ditambahkannya, dari 1.000 orang di Indonesia, hanya 1 orang yang serius membaca buku. Dan orang Indonesia rata-rata hanya mampu membaca 1 buku setiap tahun. Ini tentu sangat memprihatinkan jika dibandingkan dengan masyarakat Amerika yang mampu menyelesaikan 20-30 buku pertahun. 

Komunitas lain yang sekaligus menutup pegelaran pada malam ketiga ini adalah Sanggar Layonga binaan Sahabuddin Mahaganna. Tinggal satu malam lagi, arena panggung laut akan berlalu, yang tersisa hanyalah tulisan dan hasil jepretan yang diabadikan oleh para penonton di media sosial. (Muhammad Munir)

Rabu, 18 Mei 2016

Pakkottau Meriahkan Pembukaan Teluk Mandar Art Festival 2016

Acara Pembukaan Teluk Mandar Art Festival yang berlangsung sore tadi (18 Mei 2016) dimeriahkan dengan atraksi seni bela diri Pakkottau. Olahraga seni beladiri ini memukau penonton untuk tidak beranjak dari tempat duduknya. Termasuk Wakil Bupati Majene, Fahmi Massiara dan Ketua DPRD Majene, Darmansyah ikut larut dalam hentakan kaki dan gerakan tangan sang Pakkottau.


Pakkottau atau Kottau adalah seni bela diri yang berasal dari daerah Mandar
Sulawesi Barat. Diduga berkembang dan berhubungan dengan “kung tao” atau “kun tao” salah satu aliran bela diri yang berasal dari daratan Cina. Kuntao adalah salah satu dari jenis seni gaya bela diri yang ditemukan di Indonesia, Malaysia, pesisir Thailand dan bagian barat Filipina.
Kuntao ini dibedakan dengan jenis Kungfu serta Wushu (istilah yang biasa digunakan pada jenis bela diri di Cina).

Kuntao yang berkembang di Indonesia khususnya telah mengalami perkembangan dan lebih mengedepankan seni dalam penyajiannya, ia kemudian menyimpang dengan perbedaan yang kontras dari asalnya di Cina. Istilah Kuntao sendiri merupakan konsep yang masih diperdebatkan, namun  seni bela diri ini digambarkan sebagai suatu seni pertahanan diri yang ditemukan di sebagian besar Asia tenggara dan berasal dari Cina. Istilah ini berasal dari Cina Fujian (Hokkian) dengan asal kata “Kun” yang berarti “Tinju” dan “Tao” yang berarti “Cara” atau “Metode”.
Pendapat yang cukup berbeda juga disampaikan oleh Liem Yoe Kiong (1960:215), dalam bukunya “Ilmu Silat” Kuntao bukanlah merupakan suatu bentuk bela diri. Hal ini mungkin akan terdengar aneh, namun Kuntao memiliki beberapa arti jika diambil secara harfiah. Kuntao jika diterjemahkan dalam bahasa resmi Cina atau Kou Yu menjadi Djuen Tho yang berarti “pukulan”. Namun karena masyarakat Tionghoa banyak menggunakan dialek Hokkian dan dominan berasal dari Cina selatan maka istilah Kuntao di identikkan dengan bela diri dan mulai disinonimkan dengan silat.
 

Selasa, 17 Mei 2016

Hari Buku Nasional: Rumpita Tinambung launching Bilik Baca Rumpita Unsulbar di Lembang-Majene



Selamat Hari Buku Nasional!
17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Meski bukan menjadi peringatan yang masif, momen Hari Buku Nasional selalu menarik dibahas, terutama jika dikaitkan dengan perkembangan buku dan minat baca. Moment Hari Buku Nasional inilah yang menjadi saksi lahirnya sebuah komunitas dari Mahasiswa Hukum Unsulbar. Launching Bilik Baca Rumpita Unsulbar hari ini, semoga menjadi awal yang baik untuk sebuah tugas mulia. Bilik Baca Rumpita diharapkan menjadi ruang baca, diskusi dan semangat literasi. Bilik Baca Rumpita Majene akan mengambil peran mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.
Pada era digital saat ini, perpustakaan toko buku perlahan semakin ditinggalkan. Buku semakin tercampakkan. Semua sudah serba online, begitu juga dalam hal membaca. Kebanyakan masyarakat lebih memilih mencari informasi melalui gadget dibanding dari buku konvensional. Meskipun bagi pecinta buku, keberadaan buku konvensional tidak akan tergantikan. Budaya membaca buku mutlak diperlukan. Gerakan literasi mesti menjadi tugas kolektif dalam menata bangsa ini. Hal inilah yang memotivasi Bilik Baca Rumpita ini hadir di Kota Pendidikan Majene.
Membaca, baik melalui buku digital maupun buku konvensional sejatinya sama saja. Kedua cara tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri. Misalnya, membaca buku digital lebih praktis dan ekonomis, namun membuat pembaca cepat jenuh lantaran terlalu lama menatap layar. Sedangkan membaca buku konvensional lebih leluasa, tetapi cukup banyak merogoh kocek atau harus menyempatkan diri pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku. Bilik Baca Rumpita menyediakan buku untuk dibaca secara gratis.
Rumah Kopi dan Perpustakaan (Rumpita) Tinambung melebarkan sayap dngan bermitra dengan komunitas mahsiswa hukum Unsulbar hari ini. Sekitar dua bulan lalu Rumpita ikut mensupport dengan menyuplai buku-buku ke Komunitas Mahasiswa Kehutanan Unsulbar. Ini tentu diharapkan menjadi pionir dan pelopor dalam penguatan literasi dan menebar virus ke masyarakat. Kegiatan Reading Day's Mahasiswa Kehutanan membuka lapak "perpustakaan jalanan" di kampus Unsulbar sebagai bentuk tangung jawab moral dan sosial dalam membangun insan akademis.