Selasa, 26 Maret 2024

DESA PAMBUSUANG DALAM LINTASAN ANTROPOLOGi SEJARAH (9)

By Ahmad M. Sewang

Sebelum melanjutkan tulisan ini, saya hendaknya mengingatkan sebuah hadis Nabi bahwa ini  adalah pelajaran sejarah yang perlu dipertimbangkan mana yang segera diambil sebagai pelajaran dan mana yang tidak perlu, mengingat kita sedang berada dalam sebuah dinamika perubahan yang terus-menerus, sedang dalam ilmu sejarah mengajarkan sejarah penguasa. Artinya, sejarah masyarakat Pambusuang selama ini tidak lebih adalah sejarah siapa yang sedang berkuasa menentukan apa yang bernilai monumental yang perlu dilestarikan untuk generasi kita dan yang akan datang. Kita tidak  pernah (melangsungkan pameran Sejarah di sekitar awal abad ke-20) dikuasai oleh papazan (papadang artinya para pedagang yang berlayar sampa ke Padang, Minangkabau.)

Saya merasa beruntung karena ketika melakukan penelitina S1  masih bertemu Hj. Asia (Amma Kanung). Dari sanalah banyak memperoleh informasi tentang para pedagang Mandar. Para pedagang berphoto di Padang tahun 1923. Mereka mengelilingi Abd. Muis (pinpinan pusat SI). Mereka menyebut diri sebagai Syarikat Mandar. Saya meminta agar photo ini bisa di simpang dengan baik untuk dipelihara karena di antara bukti sejarah yang bernilai dan masih terpelihara sampai sekarang, menunjukkan bahwa Pambusuang memiliki sejarah gemilang masa lalu. Saya berpendapat photo itu masih tersimpan dengan baik di rumah annanguru Hawu di Polewali. Mungkin annaguru Hawu menyimpang banyak dokumentasi yang bisa di pamerkan pada hari haul Darwis Hamsa.

 Perlu diketahui ada beberapa orang yang tergabung dalam photo Syarekat Mandar itu di antaranya ada dari Pambusuang, Karama, dan Babarura. Dengan demikian hari haul Darwis Hamsa memiliki makna historis dan nilai tambah dengan adanya pameran itu. Saya pernah diberitahu Darwis Hamsa ketika beliau masih hidup bahwa akan memberikannya pada orang yang terlibat pada Syarikat Mandar itu sebagai pahlawan. Tetapi beliau terlanjur wafat dan saya pikir  cita-cita luhur almarhum bisa dilanjutkan oleh para penerusnya. Sebenarnya, adalah kebanggaan warga Pambusuang kalau bisa dipastikan kontroversi bahwa Darwis Hamsa adalah kelahiran Pambusunag. Saya sebagai warga dan kelahiran Pambusuang sungguh merasa sangat bangga.

Wasalam,
Kompleks GPM, 27 Maret 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar