Kamis, 12 Mei 2016

Reading Days: Himpunan Mahasiswa Prodi Kehutanan Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unsulbar

Himpunan Mahasiswa Prodi Kehutanan Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unsulbar menggelar kegiatan Reading Day's.
Salah satu bentuk kegiatan ini adalah para mahasiswa membuka "perpustakaan jalanan" di halaman kampus Unsulbar.
Mahasiswa berharap dengan kegiatan seperti ini, minat baca di kalangan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya akan terus berkembang.

Koordinator kegiatan Ardiansyah menjelaskan salah satu kendala yang masih dihadapi di Unsulbar adalah belum tersedianya perpustakaan yang layak, padalah perpustakaan dengan buku - buku yang berkualitas adalah syarat mutlak kemajuan suata perguruan tinggi.

Tidak mau berpasrah diri, para mahasiswa Kehutanan Unsulbar berinisiatif menggelar "perpustakaan jalanan", bentuknya adalah mahasiswa tiap pekan di hari Rabu membuka semacam lapak beralaskan plastik.

Reporter KARAKTER, MIzbah Sabaruddin ( F-MIPA 2014 ) melaporkan di hamparan plastik itulah dipajang ratusan buku beragam judul.
Mahasiwa dan atau masyarakat yang melintas pun bebas membaca buku, tanpa perlu kartu anggota atau syarat - syarat lainnya.

" KIta berharap ditengah gencarnya teknologi informasi berbasis selular, seperti smart phone, minat membaca buku tetap berkembang khususnya di kalangan mahasiswa, intinya kita ingin tumbuh minat baca dan kemudian tentu akan berpengaruh juga pada minat menulis," kata Ardiansyah, Rabu (11/05 )

Ia menjelaskan, kegiatan Reading Day's ini sudah berjalan sekitar 3 bulan, Mahasiswa Kehutanan bertekad akan terus membuka lapak "perpustakaan jalanan" di kampus Unsulbar sebagai bentuk tangung jawab moral dan sosial dalam membangun insan akademis.

Pantauan yang dilakukan, respon mahasiswa dengan tersedianya perpustakaan ini cukup bagus, tiap Rabu puluhan mahasiswa mendatangi lapak buku itu.

" Ini sangat positiv, mahasiswa termasuk dosen terbantu dengan kegiatan perpustakaan semacam ini, apalagi judul buku yang disiapkan adalah sebagian adalah buku - buku yang sekarang sulit didapat di toko buku," kata Supadjo Razali, dosen Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unsulbar. 

Lalu dari mana buku yang dipajang berjumlah ratusan tersebut, Ardiansyah mengatakan, selain dari donasi berbagai pihak yang menyumbang buku.
Pihaknya juga mendapat pasokan buku dari Komunitas RUMPITA ( Rumah Kopi dan Perpustakaan ) pimpinan Muhammad Munir di TInambung, Polewali Mandar.

" Ibarat virus, kita berharap motivasi untuk literasi terus menyebar, minat baca dan menulis dapat terus tumbuh khususnya di kampus," tambah Ardiansyah.

Jadi yang berminat membaca buku sambil kongkow- kongkow dibawah rindangnya pohon, silahkan datang ke "perpustakaan jalanan" Mahasiswa Kehutanan Unsulbar di halaman kelas Prodi Kehutanan setiap hari Rabu. ( Misbah/FH ) 
http://karakterunsulbar.com/berita-tebar-virus-literasi-mahasiswa-kehutanan-gelar-reading-days.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar