Senin, 13 Juni 2016

MANYANG

MANYANG

Minuman khas Mandar yang bernama "Manyang "atau Tuak, atau oleh Orang Bugis Makassar dinamai Ballo, Saguer (Kata Orang Sanger) dan Akel (kata orang Minahasa). Siapapun yang ada di Mandar dan pernah datang mengunjungi daerah Mandar atau yang sekarang dikenal Sulawesi Barat, pasti pernah mendengar dan mengetahui mengetahui jenis minuman tradisional yang bisa menjadi minuman beraroma khas dan nikmat "Manyang Mammis " atau tuak manisdan bisa menjadi minuman beralkohol tinggi jika diproses dalam bentuk minuman yang lebih dikenal dengan "Manyang Paiq" atau tuak pahit.
Baik Manyang Mammis ataupun Manyang Paiq, adalah minuman yang diproduksi secara tradisional oleh masyarakat tanpa ada campuran kimia ini memang dihasilkan oleh para petani yang daerahnya banyak dipenuhi pohon "Manyang" atau Pohon Aren. Manyang yang diproduksi menjadi minuman manyang mammis ini selain untuk menjadi minuman kesehatan, juga merupakan bahan untuk membuat "manisan".

MANISANG

Manisan adalah hasil dari proses pengawetan manyang yang ditanak, dengan pemanasan ini, manyang ini akan sedikit mengental dan menjadi cairan gula (gula cair) dan dari manisan ini kemudian jika diproses lagi. Dengan cara dipanaskan dengan suhu yang tinggi cairan manisan tadi akan mengental (mapuliq) dan langkah selanjutnya cairan yang sudah kental dan berbentuk kayak adonan kue ini di tuang ke wadah atau lembaga tertentu (kebanyakan dari tempurung kelapa atau kaqdaro), didinginkan dan kemudian dikeluarkan dari wadah tempurung itu, sehingga terbentuk bulat seperti bentuk kelapa dibelah. Dan hasil dari proses inilah kemudian atau golla mamea (gula merah atau gula aren).
Untuk diketahui, bahwa Manisan adalah bahan yang yang digunakan oleh masyarakat dalam memuat Bajeq (Bayeq). Dan sebelum dicetak dalam wadah tempurung, ada juga cara satu jenis cemilan yang namanya "Golla Coba" atau gula yang dibuat dalam bentuk permen yang biasanya dibungkus pake kulit jagung.Adapun Manyang paiq juga berasal dari sumber yang sama dengan manyang mammis tapi prosesnya yang beda. Manyang paiq ini memang diformulasi khusus oleh para petani yang akrab dikenal "Passari Manyang" sesuai order atau pesanan. Manyang Manyang Paiq ini dibuat dan punya campuran, cara dan perlakuan yang khusus. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar